Minggu, 10 Agustus 2014

Tips & Trik: Cara membersihkan Wajah Yang Baik dan Benar

Assalamu’alaikum wr.wb
sumber gambar: google.co.id
Hai beauties, kali ini saya mau share tips kecantikan, yaitu cara membersihkan wajah yang baik dan benar. Membersihkan wajah ini merupakan rutinitas yang kita lakukan setiap hari. Tidak hanya sekedar rutinitas, membersihkan wajah perlu tahu caranya, bukan asal membersihkan.
Mungkin sebagian dari beauties ada yang malas membersihkan wajah sehari-hari? Saking sibuknya, rutinitas yang sangat penting untuk kebersihan kulit ini sering diabaikan, tanpa mengetahui cara yang benar agar wajah bersih sempurna.
Saya rangkum dari berbagai sumber, yuk dibaca cara membersihkan wajah yang baik dan benar di bawah ini:

1.       Hal-hal yang harus diperhatikan sebelum membersihkan wajah
Setelah berpanas-panasan di luar ruangan, pastikan kamu tidak lansung mencuci wajah, apalagi setelah melakukan aktivitas di bawah sinar matahari lansung. Keringat dan kotoran bisa tersumbat di pori-pori wajahmu, jadi diamkan saja wajah sebentar hingga tak terasa hangat atau panas lagi.

Pilih sabun cuci wajah yang sesuai dengan kebutuhan dan jenis kulit wajahmu.
Untuk pemilik kulit kering, pilih susu pembersih dan toner yang ditujukan khusus untuk jenis kulit wajah tersebut, begitupun dengan jenis kulit berminyak dan kombinasi. Baca terlebih dahulu dengan teliti kemasan susu pembersih dan toner untuk menemukan yang sesuai dengan kulit wajahmu. Selain itu, ketelitian dalam membaca kemasan suatu produk, akan menghindarkan kulit wajah kamu dari alergi, atau pengaruh buruk lainnya. Pembersih wajah yang tepat adalah yang tidak menimbulkan rasa kering dan perih pada wajah setelah digunakan.
Sebelum melakukan ritual pembersihan wajah, pastikan wajah “bersih” dari rambut-rambut yang tergerai. Gunakan bandana atau ikat rambutmu ke belakang, agar tak mengganggu proses pembersihan wajah.

2.       Proses pembersihan wajah
Siapkan air bersih (akan lebih baik kalo kamu gunakan air matang) untuk membasuh wajah, untuk mencegah perpindahan bakteri dalam air ke wajahmu. Selain itu, pastikan tangan dan jari-jari tanganmu bersih dari kotoran apapun, agar kotoran dan bakteri tidak berpindah ke wajah.
Kalo kamu menggunakan susu pembersih, tuangkan di tangan secukupnya, lalu pijat pada wajah dengan lembut, juga dengan gerakan melingkar agar kotoran terangkat. Selain itu, gerakan memutar/melingkar pada wajah bisa memperlancar sirkulasi darah.Bersihkan wajah di mulai dari area pipi, hidung, dagu, dan kening dengan gerakan melingkar, jangan lupa, area leher juga perlu dibersihkan. Kemudian, angkat perlahan sisa susu pembersih tersebut menggunakan kapas.
Kalo kamu menggunakan sabun / cleanser foam, lakukan juga hal yang sama seperti menggunakan cleanser milk (susu pembersih). Gosok cleanser foam di tangan hingga mengeluarkan busa, lalu aplikasikan ke wajah, pijat perlahan dengan gerakan memutar. Pastikan busanya cukup banyak untuk bisa membersihkan dengan baik area wajah dan leher.
Bilas wajah dengan air bersih, dan keringkan dengan handuk (yang juga bersih). Jangan menggosok wajah terlalu keras, karena akan mengikis kelembaban kulit. Sebaiknya keringkan wajah menggunakan handuk bersih dengan cara ditepuk-tepuk ringan.
Setelahnya, kamu bisa menggunakan toner, untuk mengangkat sisa cleanser milk dan cleanser foam dengan sempurna. Caranya, tuangkan secukupnya toner pada kapas atau tisu (sesuai dengan kebutuhan kulitmu-sesuaikan toner dengan susu pembersih), tepuk-tepuk ringan, bukan diusap.
Setelah menggunakan toner, kamu bisa memakai pelembab yang sesuai dengan jenis kulit wajahmu.

Perlu diperhatikan, cuci handuk khusus wajahmu paling tidak seminggu sekali, akan  lebih baik jka sering dicuci, untuk menekan pertumbuhan bakteri. Selain itu, jangan terlalu sering mencuci wajah, cukup 2 kali sehari, apalagi kalo kamu menggunakan sabun untuk mencuci wajah. Kandungan dalam sabun pembersih wajah bisa membuat kulit wajahmu kering karena kehilangan kelembabannya, jadi jangan gunakan berlebihan ya.

Selain itu, jangan gunakan sabun pembersih wajah berscrub (dengan butiran-butiran halus maupun kasar) setiap hari, sabun jenis begini juga akan mengikis kelembaban kulitmu. Cukup gunakan sabun pembersih wajah berscrub maksimal 2 kali seminggu.
Kalo kamu menggunakan make up berat, bersihkan dahulu bagian mata menggunakan minyak atau eye remover, begitu juga dengan area bibir. Kamu bisa menggunakan make up remover untuk mengangkat make up di wajah. Kemudian bersihkan dengan sabun pembersih wajah dan aplikasi toner untuk memastikan sisa make up dan kotoran terangkat sempurna.

Nah, gimana beauties, sudah benarkah cara kalian membersihkan wajah selama ini?
Saya juga kadang malas dengan ritual ini, tapi karena kulit wajah saya gampang banget jerawatan, saya mesti menguatkan diri agar tak bermalas-malasan membersihkan wajah, hehee.

Sekian dari saya, semoga bermanfaat ya.

Wassalamu’alaikum wr.wb

0 komentar:

Posting Komentar