Selasa, 29 Juli 2014

Macam-macam Bedak Wajah

Assalamu’alaikum wr.wb

Hai beauties, di kesempatan kali ini saya mau share macam-macam bedak wajah.
Bedak wajah ya, bukan bedak badan, hihii.
Kita udah kenal bedak ini sejak kecil. Dari bayi, kita udah ditaburin bedak, gak hanya di wajah, tapi di seluruh badan.
Ya iya lah, secara masih bayi. Udah tua gini, masih mau dibedakin di seluruh badan? Hahaa..
Umumnya, bedak yang kita kenal ada 2, yaitu bedak tabur (loose powder) dan bedak padat.
Tapi kini, makin banyak aneka bedak dengan fungsi yang berbeda.
Ya, karena bedak merupakan kosmetik yang wajib lah menurut saya.
Yuk kita intip apa-apa aja aneka bedak tersebut, di kutip dari berbagai sumber.

1.       Loose powder
google.co.id
Loose powder atau yang lebih sering dikenal dengan bedak tabur, adalah jenis bedak pertama yang kita kenal. Saya juga sehari-hari pake bedak tabur, yang Cussons itu. Bedak tabur ini merupakan pilihan terbaik untuk mengeset foundation di wajah. Jadi, setelah pake foundie di wajah, set dengan bedak tabur. Maka kamu akan dapat tampilan wajah yang natural. Bedak tabur ini coveragenya sheer, sehingga memberikan tampilan yang natural. Semakin halus bubuknya, maka akan semakin flawless juga hasilnya.  Sayangnya, loose powder ini gak praktis untuk dibawa kesana kemari, karena rawan tumpah. Jadi memang lebih baik bedak model begini, duduk diam di atas meja rias, bukan jalan-jalan, hehee.

Tips: pilih bedak yang warnanya paling mendekati dengan warna asli kulit kamu. Untuk kulit berminyak, pilih bedak dengan hasil akhir yang matte, sehingga kulit tidak terlihat makin berminyak. Sedangkan untuk kulit kering atau cenderung normal, boleh pilih bedak yang bershimmer sehingga kulit tidak terlihat kusam dan kering, karena partikel shimmer dapat membantu memantulkan cahaya yang jatuh di wajah sehingga wajah terkesan lembab.

Trik: untuk pemakaian bedak tabur sebagai setting foundie, gunakan powder brush atau blush brush, kemudian tepuk-tepukkan gagang brush tersebut ke tangan, agar bedak yang diambil brush tersebut gak terlalu banyak. Kemudian aplikasikan secara merata di wajah. Atau kamu bisa pake loose powder hanya di area wajah yang sering muncul minyak atau bagian t yang gampang berminyak. Jangan gunakan loose powder kebanyakan ya, karena bisa bikin wajah makin cakey. Kamu juga bisa menggunakan puff bedak yang terbuat dari bulu yang halus, gunakan cara yang sama dengan menggunakan brush.

2.       Pressed powder atau compact powder
google.co.id
Bedak yang satu ini praktis, karena gampang dibawa kemana-mana. Umumnya sudah dilengkapi kaca dan spon untuk memudahkan mengaplikasikan bedak. Teksturnya padat, jadi kamu gak usah khawatir bedaknya bakal berceceran, gak kayak loose powder.
Pressed powder dan compact foundation itu beda ya. Namanya foundation, ya berarti ada kandungan foundie di dalam bedaknya. Kalo compact powder ini gak, dia bedak aja, cuma bentuknya padat.

Tips: pilih bedak padat yang coveragenya sheer, biar gak terlihat cakey kalo kamu pake buat nimpuk foundation diatasnya. Gunakan powder brush atau puff untuk tampilan yang natural.

Trik: jika menggunakan puff, maka gunakan dengan cara menepuk-nepuk ringan puff ke wajah, jangan sesekali mengusap (menyeret) puff –nya, karena akan merusak foundie yang udah kamu pake.

3.       Two Way Cake
google.co.id
Ini juga mungkin jenis bedak yang familiar buat kita. Bedak padat ini udah mengandung foundation, jadi buat beauties yang gak mau repot, bisa pake bedak jenis ini. Daya tutupnya sheer to medium di wajah. Bisa dipake menggunakan spon kering ataupun spon yang lembab. Bila ingin digunakan sebagai bedak biasa, gunakan spon kering. Tapi kalo pengen dipake sebagai foundie, maka pake spon lembab, bukan basah ya.

Tips: kalo kamu mau pake bedak ini setelah pake foundie, maka aplikasikan menggunakan brush, tipis-tipis saja agar gak terlihat cakey. Bedak model begini, gak disarankan buat kulit berminyak dan berjerawat, karena bedak ini melekat ke dalam pori-pori, yang bisa menyumbat pori-pori kamu. Jadi untuk kulit berminyak dan berjerawat, pake loose powder aja.

4.       Shimmering powder
google.co.id
Sesuai namanya, powder yang satu ini udah pasti kilap-kilap, hehee. Bentuknya bubuk, berwarna, dan berglitter, tuh kan. Digunakan sebagai sentuhan akhir setelah merias wajah.
Mungkin, seperti highlight gitu ya (?) bedak model begini bisa digunakan di punggung, leher, tangan, jika kamu memakai pakaian terbuka.tersedia aneka warna, dan bisa disesuaikan dengan tema tata rias.

5.       Meteorite powder
google.co.id
Ini juga saya baru dengar ada bedak model begini.
Bentuknya bulat kecil berwarna-warni. Digunakan setelah bermake-up ria, sebagai sentuhan akhir. 

Tips: Sebaiknya digunakan dengan kuas besar. Sapukan secara merata ke wajah. 

Harganya juga cenderung mahal dan hanya tersedia di tempat-tempat tertentu.

Nahh, gimana beauties, jadi udah tahu dong kalo bedak itu gak cuma 1, tapi macam-macam.
Sekian dari saya, semoga bermanfaat ya.


Wassalamu’alaikum wr.wb

0 komentar:

Posting Komentar