Kamis, 09 Oktober 2014

Tips Fashion Hijab Untuk Pemilik Tubuh Mungil

Hai hai cantik ! Assalamu’alaikum wr.wb, dan selamat siang.

Hmm, apa kamu punya tubuh “petite” atau istilah kalemnya “mungil”? seperti saya ? hahaa. Kalo kamu punya tubuh yang gak semampai alias  mungil seperti saya (gak mau dibilang pendek, :D), maka syukuri aja. Saya pengen cerita dikit mengenai cita-cita saya dulu kalo seandainya Allah memberikan saya tubuh yang tinggi. Jadi gini, pas masih sekolah dasar, guru Bahasa Indonesia saya pernah nanya, cita-cita kamu apa kalo udah besar nanti? Dengan PD-nya saya menjaab kalo saya mau jadi pramugari, :D itu cita-cita saya saat masih SD dan masih berlanjut sampai SMP, hingga suatu hari saya menyadari kalo tubuh saya gak banyak mengalami yang namanya tumbuh keatas, :D

Perlahan, saat SMA, jadilah saya memutuskan pengen jadi guru, atau pengusaha. Saya menyadari kalo saya gak akan tumbuh tinggi lagi. 150 cm aja gak nyampe, hahaa. Bayangkan betapa pendeknya saya. Tapi selama ini, saya gak pernah merasa minder punya tubuh yang tergolong mungil, saya merasa baik-baik aja, dan mensyukuri tubuh saya ini. Gak papa lah mungil, yang penting sehat, bener gak, :D

Ok kembali ke topik, memiliki tubuh mungil memang gak bikin saya minder, tapi saya kesulitan nyari pakaian baik atasan maupun bawahan yang pas di tubuh saya. Alhasil, semua baju, atau rok, atau celana (dulu sebelum saya berhijab masih sering pake jeans), semuanya harus di rombak di tukang jahit, mesti dikecilin dulu biar pas di tubuh saya ini. Dan kadang kalo udah banyak yang mau dikecilin, lumayan ongkosnya. Jadi pakaian-pakaian saya agak mahalan dibanding pakaian kamu yang punya tubuh ideal, kenapa? Karena berat diongkos tukang jahitnya, hahaa.

Saya baca-baca tips fashion di google, dan kebanyakan buat yang gak berhijab, tapi gak ada salahnya kan dicoba buat kamu yang berhijab seperti saya. Tinggal disesuaikan aja potongan pakaiannya.
Yuk lansung dibaca, ini dia tips fashion hijab untuk pemilik tubuh mungil:


1. Pas di badan

Jangan sesekali beli baju yang terlalu longgar buat kamu pemilik tubuh petite. Apalagi longgarnya kebangetan, karena malah bikin tubuhmu tenggelam. Pilihlah pakaian yang pas (gak sempit dan gak terlalu longgar) di tubuhmu.

2. Jangan coba-coba celana palazzo

Tahu kan celana palazzo? Yang sering dipake para blogger atau selebgram itu loh/ yang potongan bawah celananya agak lebar dan longgar. Celana palazzo lebih cocok dipake buat yang bertubuh tinggi, tidak untuk yang bertubuh mungil seperti saya ini. karena potongan celana palazzo membuat ilusi “gemuk” dan “pendek” pada kaki.

3. Beda warna atasan dan bawahan

Saya pernah baca di google, katanya pilihlah warna pada atasan dan bawahan yang sama, biar gak membuat ilusi “pemisah” antara bagian tubuh atas dan bawah, karena akan membuat tubuh kentara pendeknya. Tapi menurut saya pribadi, itu gak selamanya bener. Kamu sah-sah aja kok pilih dan pake warna yang beda antara atasan dan bawahanmu. Tapi mesti diingat point pentingnya, yaitu, pastikan bawahan yang kamu pake letaknya dipinggang bukan dipinggul. Dan pilih atasan yang bisa dimasukkan ke bagian dalam bawahan (terutama rok). Kalo kamu pake celana, alangkah baiknya kalo gak ketat. Pakailah yang longgar ya.

4. Jangan lebih dari 3 warna

Point yang ini juga mesti diperhatikan. Kalo terlalu banyak warna pada outfit, bisa-bisa tubuh petite-mu tenggelam dimakan warna-warna tersebut. selalu  imbangi dengan warna netral seperti hitam, coklat, putih, abu-abu dalam setiap outfitmu.

5. Hindari model tumpuk

Tahu model tumpuk kan? misalnya, pake celana, terus pake rok midi/rok mini, terus pake blazer, terus pake syal, terus jilbabnya model volume. Alamak, banyak banget ya terusnya. Sah-sah aja sih kalo mau bereksperimen, tapi baiknya hindari yang berlebihan ya cantik. lagipula tubuh petitemu gak nyaman dilihat kalo pake style tumpuk, terlihat tenggelam oleh tumpukan pakaian.

6. Hindari motif garis  horizontal

Efek dari ilusi garis horizontal adalah membuat tubuh terlihat melebar sehingga makin tampak pendek. Jadi sebaiknya hindari motif melebar ini. kalo suka motif garis-garis, maka pilih yang garisnya vertikal atau yang memanjang keatas dan ukuran garisnya kecil, bukan yang lebar.

7. Hindari motif besar-besar  pada outfitmu

Karena tubuhmu mungil, maka pilihlah motif yang juga berukuran mungil, dan jangan kenakan 2 motif berbeda pada outfitmu ya, apalagi 3, jangan deh, tubuhmu bisa tenggelam karena motif, :D

8. Gunakan aksesori berukuran mini

Kalo kamu lumayan suka menggunakan aksesori, alangkah baiknya buat gak make aksesori yang besar. Pilih aksesori mini aja, dan sesuaikan dengan tubuhmu. Misalnya ikat pinggang, pilih ikat pinggang berukulan kecil, gak lebar. Kalo ikat pinggangmu lebar, akan membuat ilusi tubuhmu pendek.

9. Pake high heels atau wedges

High heel dan wedges memang membuat ilusi tubuh tampak tinggi, tapi sesuaikan tinggi heelsnya ya, biar nyaman dipake. Untuk wedges, pilih yang solnya gak terlalu lebar. Saya punya beberapa wedges tapi jarang saya pake. Meskipun saya bertubuh petite, saya kurang nyaman setiap kali kemana-mana mesti pake wedges, jadi biasanya saya cuma pake sandal biasa, yang gak bertumit, :D

Itu dia sedikit tips fashion hijab buat yang bertubuh mungil, beauties. Bagaimana caramu berpakaian, semua kembali ke diri masing-masing. Kenyamanan  dan kesopanan juga perlu diperhatikan sehingga membuat kamu percaya diri dengan apa adanya kamu. Semoga bermanfaat ya.

Wassalamu’alaikum wr.wb


0 komentar:

Posting Komentar