Selasa, 18 November 2014

Cara Membaca Simbol Pada Label Pakaian

Assalamu’alaikum wr.wb

Source: google.co.id
Hai all!! Apa kabar? Di post ini saya mau share mengenai cara membaca simbol pada label pakaian. Di pakaian apapun terdapat label yang memuat simbol-simbol, dan simbol-simbol tersebut mempunyai arti yang berbeda-beda. Saya pribadi sebenarnya gak mahir membaca dan mengartikan simbol-simbol tersebut, hehee, jadi pas beli pakaian baru, lansung dicopot gitu aja labelnya dari pakaian tanpa memperhatikan si label. Tapi, pas saya baca-baca di clear.co.id, saya nemu tips untuk mengartikan si simbol-simbol yang terpampang dalam tiap label pakaian. Jadinya saya lebih peduli gitu dengan label pakaian yang saya beli, sebelum dicopot labelnya, saya menyempatkan buat baca si label tersebut. Memangnya pentingkah mengartikan tiap simbol yang ada pada label pakaian? Penting dong, kita gak boleh asal nyuci, nyetrika, ngejemur pakaian gitu aja, karena setiap pakaian terbuat dari bahan yang berbeda-beda. Kalo mau pakaian yang kita punya lebih awet, kita harus tahu dulu hal-hal apa yang dimuat dalam label pakaian tersebut. Saya kutip dari clear.co.id, ini dia simbol-simbol beserta maksudnya:

1. Temperatur

Tanpa tanda – tambahan di bawah tulisan  temperatur , artinya kita bebas mencuci dengan cara atau kondisi apapun, dibawah suhu 40 derajat celcius.

Ada tanda – di bawah tulisan temperatur, artinya perlu perlakuan khusus untuk bahan sintetik pakaian.

Ada 2 tanda – dibawah tulisan temperatur, artinya pakaian ini membutuhkan perlakuan wool-wash, sehinga tidak bisa dicuci di sembarang mesin.

2. Mencuci dengan tangan

Jika ada logo mencuci dengan tangan, artinya pakaian ini hanya boleh dicuci menggunakan tangan, tanpa mesin atau alat penyikat pakaian lainnya. Mencuci dengan mesin cuci hanya akan membuat bahannya mudah rusak. Karena itu, perhatikan dengan baik jika ada logo tangan di label pakaian ya beauties.

3. Mengeringkan

Jika ada gambar lingkaran di sebuah kotak, ini adalah panduan untuk mengeringkan pakaian. Pakaian harus dikeringkan dengan suhu rendah jika terdapat satu titik di dalam gambar. Jika ada 2 titik, maka pakaian boleh dikeringkan dengan suhu tinggi. Tapi jika ada tanda silang pada logo, maka pakaian tersebut tidak boleh dikeringkan dengan mesin.

4. Menyetrika

Gambar setrika dengan satu titik berarti pakaian harus disetrika dengan suhu rendah. Jika ada dua titik maka pakaian boleh disetrika dengan suhu sedang atau hangat. Dan jika ada 3 titik, artinya pakaian bisa licin hanya dengan setrika bersuhu tinggi.

5. Dry Cleaning

Dry clean bermanfaat untuk menghilangkan noda membandel seperti tanah liat, cat, atau bahan kimia yang tumpah dan menempel, dengan menggunakan sedikit air, atau tanpa bantuan air sama sekali. Metode membersihkan ini memang cukup ampuh, tapi seringkali membuat pakaian au mengkerut atau memudar warnanya.
Pakaian yang boleh dicuci dengan metode dry cleaning adalah pakaian yang memiliki gambar lingkaran. Sedangkan yang tidak boleh di dry cleaning adalah gambar lingkaran yang dicoret atau disilang. Logo P/W/F dalam lingkaran berarti dry cleaning harus dilakukan oleh profesional.

6. Pemutih

Untuk menghilangkan noda membandel, kadang kita menghilangkannya dengan pemutih. Padahal baju berwarna tidak dianjurkan dikenakan pemutih. Pakaian dengan logo segitiga adalah yang boleh dikenakan pemutih. Jika logo segitiga tersebut disilang, berarti pakaian tersebut tidak boleh dicuci dengan pemutih.

Gimana, beauties? Kamu udah diluar kepala mengenali tanda-tanda / logo pakaian diatas? Saya mah masih sedang masukinnya ke kepala, hehee. Agar pakaian tetap awet atau gak muda rusak, kita mesti mengenali logo-logo pada label pakaian tersebut ya.
Sekian cara membaca simbol pada label pakaian, semoga bermanfaat ya. Yuk cuci mencuci!

Wassalamu’alaikum wr.wb


0 komentar:

Posting Komentar